Tips Jitu Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar

Budidaya Ikan Bandeng - Sampai saat ini budidaya bandeng memang masih menjanjikan, terlebih lagi setelah adanya varietas bandeng air tawar. Tidak sedikit petani bandeng yang sudah bergeser ke budidaya ikan bandeng air tawar karena lebih mudah cara ternak dan perawatannya. Berbeda dengan bandeng air payau yang harus dilakukan di tambak yang terdapat jenis air asin dan tawar. Secara perhitungan bisnis, bandeng air tawar juga lebih menguntungkan, sedangkan dari perhitungan gizi bandeng air tawar juga sama kualitas dan kandungan gizinya dengan bandeng tambak. Oleh sebab itu, masyarakat menjadikan ikan ini menjadi salah satu jenis ikan konsumsi yang laris dipasaran.

cara budidaya ikan bawal air tawar,ikan air tawar konsumsi,ikan air tawar pdf,air tawar di lahan sempit,air tawar yang paling menguntungkan,hias air tawar,

Bagi Anda yang ingin mengikuti jejak petani sukses budidaya ikan bandeng di air tawar, Anda bisa belajar terlebih dahulu tentang cara dan kiat jitu ternak bandeng air tawar dari berbagai sumber. Seperti dari ulasan singkat yang akan dipaparkan untuk Anda dalam ringkasan.

Langkah Dalam Budidaya Ikan

• Media kolam 

Apabila Anda ingin mengawali usaha baru ternak bandeng air tawar, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih jenis lahan yang akan digunakan sebagai kolam budidaya ikan bandeng air tawar. Sesuai dengan namanya bandeng air tawar maka lahan yang digunakan berarti jenis lahan yang terdapat aliran air tawar. Misalnya di genangan air sawah atau rawa yang airnya tidak terlalu dalam. Sebaiknya sebelum kolam diberi bibit bandeng, tips untuk menghasilkan plankton di air dengan cara di garu terlebih dahulu.

cara budidaya ikan bawal air tawar,ikan air tawar konsumsi,ikan air tawar pdf,air tawar di lahan sempit,air tawar yang paling menguntungkan,hias air tawar,

• Pemilihan bibit 

Memilih bibit bandeng harus yang berkualitas, misalnya dilihat dari ukuran bandeng yang sudah mampu diberi pakan buatan, serta usia bibit sekitar 2 bulan karena usia tersebut bandeng sudah lebih tahan terhadap penyakit sehingga tidak mudah mati. Anda juga bisa memesan di kantor dinas peternakan setempat yang biasanya akan merekomendasikan lokasi penjual bibit yang sudah menjadi rekanan. Jangan pernah malu bertanya untuk konsultasi di dinas atau kelompok tani budidaya ikan bandeng air tawar tentang cara memilih benih berkualitas. 

• Perawatan dan pemberian pakan

Selama proses budidaya bandeng air tawar ini petani juga harus memperhatikan kualitas air yang ada di kolam. Atur sistem pengairan supaya air dalam kolam mengalir terbuang dan diganti dengan air yang baru. Sama seperti kolam tambak bandeng payau, pada kolam air tawar juga dianjurkan untuk dibuatkan kincir air untuk meningkatkan kadar oksigen dalam air. Sedangkan dalam pemberian pakan budidaya ikan bandeng air tawar bisa menggunakan pakan buatan maupun pakan secara tradisional. Pakan buatan misalnya adalah pelet atau pur ikan, cara pemberian pakkan dilakukan secara terus menerus pada pagi dan sore hari.

cara budidaya ikan bawal air tawar,ikan air tawar konsumsi,ikan air tawar pdf,air tawar di lahan sempit,air tawar yang paling menguntungkan,hias air tawar,

Demikianlah beberapa cara dan tips jitu bagi Anda yang ingin mencoba bisnis dan usaha budidaya ikan air tawar konsumsi jenis bandeng. Dalam hitungan kurang lebih 4 bulan bandeng sudah bisa di panen, Anda tidak perlu khawatir hasil panen tidak akan terjual, sebab permintaan pasar masih tinggi terhadap bandeng. Semoga ulasan budidaya ikan bandeng air tawar ini semakin merangsang Anda untuk beralih ke dunia wirausaha yang lebih menghasilkan.

Budidaya selanjutnya potensi budidaya perikanan adalah masa depan anak indonesia
Tips Jitu Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown