Potensi Budidaya Perikanan Adalah Masa Depan Anak Indonesia

Potensi Budidaya Perikanan - Budidaya perikanan adalah pemanfaatan sumber daya yang ada di air untuk diambil manfaatnya, sementara itu jenis sumberdaya yang ada di air kita sangat melimpah. Namun secara khusus budidaya perikanan adalah usaha untuk mengembangbiakkan dan memelihara jenis ikan untuk diambil manfaatnya. Jenis ikan yang bisa dibudidayakan bersumber dari air laut maupun air tawar, pada air tawar memang sedikit lebih mudah dalam membudidayakan, namun untuk komoditas ikan laut cara budidayanya lebih sulit misalnya menggunakan keramba apung untuk jenis ikan laut tertentu.

cara budidaya ikan,pengertian budidaya perikanan,budidaya perikanan air tawar,contoh budidaya perikanan,perikanan pdf,perikanan polinela,perikanan judul,perikanan xls,

Dalam perkembangannya, budidaya perikanan mempunyai nilai khas tersendiri dibanding budidaya cultural lainnya seperti kehutanan, pertanian, Pada budidaya pertanian maupun kehutanan obyeknya lebih bersifat pemanfaatan lahan terrestrial bidang 2 dimensi. Sedangkan budidaya perikanan adalah pemanfaatan bidang 3 dimensi yang meliputi luas, panjang dan kedalaman dasar yang bisa digunakan untuk perkembangbiakan. Cakupannya juga dibagi menjadi budidaya perikanan air laut dan air tawar dengan jenis komoditas yang berbeda antara air laut dan air tawar. Potensi kedua jenis budidaya perikanan ini memang sangat tinggi, bahkan di Indonesia belum tersentuh secara maksimal.
-
cara budidaya ikan,pengertian budidaya perikanan,budidaya perikanan air tawar,contoh budidaya perikanan,perikanan pdf,perikanan polinela,perikanan judul,perikanan xls,

Posisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan memang memberikan peluang budidaya perikanan lebih besar dibanding negara lain di Asia, dikeliling oleh Samudra Hindia, Samudra Pasifik membuat Indonesia memiliki keanekaragaman hayati laut dan air tawar. Hal itu juga dikuatkan dengan posisinya sebagai daerah tropis yang kaya jenis sumberdaya air. Namun hambatan dari budidaya perikanan adalah masih minimnya lembaga yang serius menangani seputar perikanan Indonesia. Lembaga pendidikan sampai saat ini lebih berminat ke pendalaman ilmu lainnya dibanding ilmu perikanan dan kelautan. Lembaga pendidikan tinggi juga masih sedikit peminatnya yang masuk untuk menimba ilmu di fakultas perikanan.

Minimnya minat dan pemanfaatan perikanan yang ada di Indonesia sampai saat ini menjadi penyebab mengapa masyarakat kurang menikmati hasil dari potensi perikanan yang ada. Padahal jika dimanfaatkan secara optimal potensi perikanan yang ada bisa untuk meningkatkan kemakmuran masyarakatnya. Hal inilah yang perlu kita tingkatkan minat di masyarakat bahwa pemanfaatan dan budidaya perikanan adalah penting untuk kemakmuran anak cucu kita nantinya. Kita dukung setiap program dan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil dari potensi perikanan Indonesia. Jangan pernah segan untuk mengarahkan anak kita untuk mempelajari ilmu yang diterapkan dalam dunia pendidikan khususnya yang berkaitan dengan perikanan.

cara budidaya ikan,pengertian budidaya perikanan,budidaya perikanan air tawar,contoh budidaya perikanan,perikanan pdf,perikanan polinela,perikanan judul,perikanan xls,

Dengan demikian akan lahir generasi baru yang berkualitas untuk menghadapi persaingan global yang semakin keras. Semakin maju pola pikir dalam penerapan budidaya perikanan akan membawa dampak positif terhadap hasil pemanfaatan perikanan di negara kita. Jangan sampai kekayaan laut dan perikanan kita hanya dicuri negara lain, bisa jadi produk impor jenis ikan dan olahan ikan sebenarnya adalah tangkapan dari perairan kita. Semoga pengertian budidaya perikanan kali ini bisa meningkatkan kepedulian kita terhadap kekayaan perairan Indonesia. Marilah kita tanamkan pola pikir bahwa budidaya perikanan adalah penting untuk masa depan kita.

 Budidaya selanjutnya cara budidaya ikan patin terpal mudah dan hemat biaya
Potensi Budidaya Perikanan Adalah Masa Depan Anak Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown