Cara Budidaya Gurami Kolam Beton Lebih Mudah

Cara Budidaya Gurami Kolam Beton Lebih Mudah - Budidaya gurami kolam beton memiliki lebih banyak kemudahan dari pada budidaya dengan menggunakan terpal. Dengan menggunakan beton akan memberikan banyak kemudahan untuk mengembangbiakkannya. Ikan gurami yang menjadi makanan favorit bagi banyak orang ini kini semakin banyak dibudidayakan para peternak ikan dan ini erat kaitannya dengan warung makan dengan menu ikan yang kini semakin bermunculan. Jika Anda tertarik untuk membudidayakan gurami, maka berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

cara budidaya ikan gurame di kolam beton,cara budidaya ikan gurame di kolam terpal,ikan gurame di kolam beton,gurame di kolam terpal pdf,

Langka - Langkah Budidaya Gurami

• Persiapan kolam

Budidaya gurami kolam beton membutuhkan persiapan sebelum digunakan. apabila kolam beton masih baru, maka Anda bisa membiarkan kolam tergenang air terlebih dahulu untuk beberapa hari. Jika kolam telah ada, maka bersihkan dasar kolam atau pinggir kolam kemudian bersihkan dengan menggunakan desinfektan KmnO4 20-3- mb/l. Setelah itu, isi kolam dengan air hingga setinggi 100 hingga 120 cm. Akan lebih baik jika Anda melengkapi saluran tengah atau buat semacam kubangan yang akan bermanfaat ketika panen tiba.

cara budidaya ikan gurame di kolam beton,cara budidaya ikan gurame di kolam terpal,ikan gurame di kolam beton,gurame di kolam terpal pdf,

• Penebaran benih

Sebarkan benih dalam kelas benih sebar yang sesuai dengan SNI, pilihlah benih dengan ukuran benih 7 hingga 15 gram untuk setiap ekornya. Cara budidaya gurami kolam beton dalam menebarkan benih untuk setiap meter persegi adalah 12 hingga 20 ekor. Dengan demikian, ikan akan tetap leluasa untuk tumbuh. Budidaya gurami kolam beton dipelihara dalam waktu 90 hingga 120 hari dan penebaran benih ini sebaiknya dilakukan pada suhu rendah yaitu pada waktu pagi hari atau pada sore hari.

• Pemberian pakan

Pakan untuk gurame ini sangat mudah karena gurame merupakan ikan herbivora, sehingga Anda bisa memberikan daun-daunan hijau dan juga sayur yaitu daun talas atau sente dan kangkung. Selain dengan pakan ini, Anda juga bisa memberikan pelet komersial. Pemberian pakan budidaya gurami kolam beton maupun kolam terpal bisa dilakukan sebanyak sekali sehari dan pakan buatan boleh diberikan hingga tiga kali dalam sehari.

 • Panen

Anda bisa melakukan panen ikan gurame kolam beton apabila ikan tersebut telah mencapai 200 hingga 300 gram setiap ekornya. Dalam berat ikan dengan ukuran sekian, ikan akan lebih enak dan gurih. Anda bisa melakukan panen sebagian atau secara total jika memang sudah mencukupi berat yang disarankan. Jika Anda ingin melakukan panen total, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi air hingga ikan terkumpul pada kubangan di tengah kolam yang pada saat membuat kolam telah di buat.

cara budidaya ikan gurame di kolam beton,cara budidaya ikan gurame di kolam terpal,ikan gurame di kolam beton,gurame di kolam terpal pdf,

Dengan melalui empat tahap ini, maka ikan Anda sudah siap untuk ditukar dengan uang dan lakukan kembali penyebaran bibit baru setelah kolam dibersihkan. Budidaya gurami kolam beton bisa dibuat dengan air mengalir atau tanpa aliran air. Karena ikan gurami ini menyukai tempat yang bersih dan air yang tenang.

Budidaya selanjutnya cara budidaya ikan lele di kolam tanah buatan sendiri
Cara Budidaya Gurami Kolam Beton Lebih Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown