Inilah Cara Budidaya Ikan Mujair Kolam Terpal

Inilah Cara Budidaya Ikan Mujair Kolam Terpal  - Ikan mujair dapat tumbuh dan berkembangbiak dengan baik di perairan Indonesia. Ikan mujair juga sangat mudah untuk dipelihara jika mempunyai lingkungan yang bagus, seperti dapat keluar masuk air. Air yang sudah kotor segera diganti dengan yang baru. Budidaya ikan mujair kolam terpal sudah menjadi cara yang saat ini banyak dilakukan. Menggunakan terpal tidak hanya sederhana, tetapi juga tidak terlalu mengeluarkan banyak budget untuk membuat kolam. Meskipun begitu, tanah harus dibuat dengan kemiringan 3-5%. Tanahnya juga diusahakan tanah liat karena dapat menampung air dengan baik.

makanan ikan mujair biar cepat besar,cara budidaya ikan mujair di kolam tembok,budidaya ikan mujair di rumah,cara pembesaran ikan mujair,

 Langkah-Langkah Dalam Budidaya Mujair

Persiapan Kolam

Setelah lahan untuk membuat kolam terpal telah siap, langkah selanjutnya adalah memasang terpal sebagai tahapan mempersiapkan budidaya ikan mujair kolam terpal. Keringkan kolam terlebih dahulu sebagai langkah sterilisasi agar nantinya tidak terdapat bakteri yang dapat mengganggu kelangsungan hidup ikan mujair.

Hal ini juga sama ketika Anda akan melakukan budidaya ikan gurame di kolam terpal. Anda juga perlu melakukan pemupukan pada lahan dengan pupuk urea dan pupuk kandang. Usahakan kolam berada pada suku 25-30 derajat celcius karena merupakan suhu ideal pemeliharaan ikan mujair.

Penetasan Telur

makanan ikan mujair biar cepat besar,cara budidaya ikan mujair di kolam tembok,budidaya ikan mujair di rumah,cara pembesaran ikan mujair,

Tahap selanjutnya budidaya ikan mujair kolam terpal adalah pemijahan. Caranya ternyata unik karena Anda haru menaruh telur-telur ikan mujair di dalam lubang. Telur akan dierami di dalam mulut induk mujair sampai menetas. Dalam menyebarkan benih-benih ikan mujair, sekali tebar Anda dapat melakukannya dengan jumlah ratusan.

Untuk perkembangbiakannya Anda tidak perlu khawatir karena ikan ini cepat sekali beranak. Ditunggu selama 3 bulan saja anaknya sudah banyak. Cara budidaya ikan apapun juga tidak terlepas dari pemberian pakan, sebagai faktor pendorong kehidupan ikan mujair.

Pemberian Pakan

Pakan untuk ikan mujair tergolong mudah. Ketika masih dalam bentuk benih-benih, ikan mujair makan plankton atau jasad renik. Tetapi ketika sudah dewasa ikan mujair dapat memakan apa saja, seperti lumut dan daun-daunan. Akan lebih baik pada budidaya ikan mujair kolam terpal Anda sering memberikan kangkung, kubis, dan wortel sebagai makanan tambahan. Ikan mujair adalah pemakan segalanya jadi tidak perlu ribet dalam hal makanan. Pakan pelet biasanya akan boros untuk ikan mujair mengingat bahwa ikan ini makannya cukup cepat dan dapat memakan apa saja. Pembuatan makanan sendiri akan menjadikan biaya pakan lebih irit.

Sinitasi Air

makanan ikan mujair biar cepat besar,cara budidaya ikan mujair di kolam tembok,budidaya ikan mujair di rumah,cara pembesaran ikan mujair,

Meskipun ikan mujair dapat tumbuh dan berkembangbiak dengan mudahnya, sanitasi air harus dipersiapkan. Hal yang sama juga harus dilakukan pada budidaya ikan lele di kolam terpal. Jangan sampai kolam kekurangan air, dengan selalu mengontrol banyaknya air dan kebersihan ari. Jika air dirasa kurang maka hanya perlu menambahkan saja. Sisa-sisa makanan di dasar kolam beserta feses ikan juga perlu dibersihkan agar kolam menjadi sehat. Itulah langkah sederhana budidaya ikan mujair kolam terpal di halaman rumah Anda.

Budidaya selanjutnya trik dan tips cara budidaya ikan lele di kolam beton yang hemat
Inilah Cara Budidaya Ikan Mujair Kolam Terpal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown